Sukseskan Internationalization at Home, FMIPA Undiksha Genjot Penerapan Pembelajaran Bilingual

Singaraja– Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) terus menggenjot penerapan pembelajaran bilingual. Hal tersebut sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan daya saing. Demikian ditegaskan Dekan FMIPA, Prof. Dr. I Nengah Suparta, M.Si saat membuka seminar, Rabu (23/10/2019).

Seminar tersebut menghadirkan narasumber, Estrella R. Pacis dari Mariano Marcos State University. Suparta menjelaskan pembelajaran bilingual sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan penguasaan bahasa asing bagi dosen maupun mahasiswa. Hal tersebut juga sangat penting untuk mendukung program internationalization at home yang telah dicanangkan Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd pada tahun 2019. “Dengan itu, kami harus mempersiapkan mahasiswa dan dosen yang semakin kompeten,” katanya.

Penerapan pembelajaran bilingual sudah dijalankan oleh beberapa dosen pada sejumlah matakuliah. Namun demikian, dinilai tetap perlu ada peningkatan kualitas. Seminar ini diharapkan mampu mendukung itu. “Untuk kelas dengan pola international sudah berjalan. Kami terus mengupayakan penerapan bilingual. Salah satunya menggunakan bahasa Inggris,” ungkapnya. Penguasaan bahasa asing dipandang juga sangat perlu untuk dosen dalam rangka ikut serta pada seminar internasional yang diselenggarakan oleh fakultas maupun pihak lain. “Faktor eksternal ini yang mengharuskan untuk bilingual,” imbuh Suparta. (hms)