Penandatanganan MoA secara simbolik via virtual meeting antara FKIP Unej dan FMIPA Undiksha

Singaraja,Maret,31-2021

Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dilaksanakan dalam rangka mewujudkan proses pembelajaran di perguruan tinggi yang otonom dan fleksibel sehingga tercipta kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Kebijakan ini juga bertujuan untuk meningkatkan link and match dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Salah satu bentuk akomodatif terkait kebijakan MBKM, mahasiswa diberikan kebebasan mengambil mata kuliah (sks pembelajaran) di luar program studinya pada perguruan tingginya sendiri dan di luar perguruan tingginya.

FMIPA Undiksha telah menyiapkan berbagai bentuk kerjasama dengan perguruan tinggi lain di dalam dan luar negeri, serta dengan DUDI untuk memberikan kemudahan akses bagi mahasiswa yang akan mengambil haknya mengikuti perkuliahan/magang/bentuk kegiatan pembelajaran lainnya. Sebagai contoh, saat ini sedang berlangsung online course dengan pihak Ming Chi University of Technologi (MCUT) Taiwan dan dengan University of Göttingen, Jerman. 

Untuk menambah akses dan memperluas jaringan kerjasama, FMIPA Undiksha kembali melakukan penandatanganan MoA secara simbolik melalui virtual meeting dengan FKIP Univeristas Jember pada hari Rabu, 31 Maret 2021. Penandatanganan secara simbolik perjanjian kerjasama tersebut dilakukan oleh Dekan FKIP Universitas Jember, Prof. Bambang Soepeno, M.Pd dan Dekan FMIPA Undiksha, Prof. Dr. I Nengah Suparta, M.Si, yang juga dihadiri oleh para wakil dekan, para ketua jurusan, dan para korprodi kedua belah pihak.

Adapun ruang lingkup dari perjanjian kerjasama ini meliputi Penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, Penelitian dan Publikasi, Pengabdian kepada masyarakat, Publikasi dosen bersama, Pengelolaan jurnal ilmiah yang meliputi pertukaran naskah ilmiah, editor, dan reviewer, Melaksanakan Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Kuliah Umum, Pertukaran Dosen, Pertukaran Mahasiswa,Pembimbingan bersama untuk mahasiswa,Penguji Mahasiswa. Dalam pengelolaan jumal yang dimiliki para pihak dapat dilakukan: Pertukaran editor, Pertukaran reviewer, Pertukaran naskah ilmiah hasil riset.