ASESMEN LAPANGAN SECARA DARING PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FMIPA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Prodi Pendidikan Biologi  Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Ganesha ( UNDIKSHA) menjalani Aseseman Lapangan  secara Daring. Adanya wabah Covid 19, menyebabkan kegiatan akreditasi program studi di FMIPA UNDIKSHA tidak bisa berjalan sebagaimana biasa. Selama dua hari, Kamis (23/7) dan Jumat (24/7), Dalam kegiatan visitasi secara daring tersebut, dua orang asesor yang terdiri dari Prof. Dr . Sri Mulyani Endang Susilowati, M.Pd. – Universitas Negeri Semarang dan Dr. Diah Rachmawati,  S.Si., M.Si – Universitas Gadjah Mada mengikuti seremoni dan mendengarkan paparan melalui jaringan internet.

Hari Pertama Visitasi diawali dengan pembukaan Asesmen, pengenalan panel asesor, pembacaan dan penandatanganan pernyataan Asesmen lapangan oleh asesor dan Pimpinan UPPS, pernyataan dilakukan oleh pimpinan UPPS terlebih dahulu dan dikirimkan ke panel asesor untuk ditandatangani oleh dikirimkan ke BAN-PT konfirmasi terkait : rencana pengembangan UPPS, system tatapamong, sisitem pengelolaan, capaian UPPS yang dilaporkan , dan rencana pengembangan PS yang diakreditasi, dan penetapan data LKPS final yang akan dijadikan dasar penilaian butir kuantitatif oleh pimpinan UPPS dan Ketua/ Koordinator Program Studi. Konfirmasi pelaksanaan, hasil dan efektivitas proses SPMI di UPPS yang meliputi seluruh siklus PPEPP. Pengecekan dokumen standar, manual, instrument/tools, dan laporan berkala hasil SPMI di unit pengelolaan Program Studi oleh Pimpinan UPPS, pelaksana penjamin mutu di UPPS, Tim Akreditasi, Pengelola Sistem Informasi pelaksana penjamin Mutu di UPPS, Konfirmasi data dan informasi dalam Laporan Evaluasi Diri (LED)/ Borang IIIA oleh Tim Akreditasi. Konfirmasi Aspek yang terkait dengan pelaksanaan pengelolaan perguruan tinggi untuk area fungsional : program akademik (tridarma) dan pengelolaan sumberdaya (SDM, keuangan, asset dan fasilitas, serta system informasi) oleh ketua laboratorium, kelompok keahlian, unit Layanan Informasi Ilmiah , sesi dengan alumni dan pengguna eksternal, konfirmasi harapan, kepuasan atau masukan dari stakeholders external terakit output unit Pengelola Program Studi.Bahkan visitasi ke sejumlah titik yang diperlukan, juga dilakukan secara daring.

Hari Kedua dilanjutakan dengan sesi dengan  dosen  konfirmasi kinerja ,keterlibatan, pelayanan dan kepuasan dosen,  dilanjutakn sesi dengan tenaga kependidikan konfirmasi kinerja, keterlibatan, pelayanan, dan kepuasan tenaga kependidikan konfirmasi keterlibatan prestasi, dan pelayanan. Dan dilanjutkan Sesi dengan mahasiswa. Meski dilaksanakan secara virtual, namun proses asesmen lapangan ini bisa tetap berjalan maksimal dan semua proses asesmen lapangan bisa berjalan lancar dan tanpa kendala. Hal ini tidak jauh berbeda dengan asesmen lapangan langsung. Penyampaian  berita acara ke pimpian UPPS dan pengecekan Berita Acara asesmen lapangan oleh pimpinan PT Penandatangan berita acara Asesmen lapangan dan Wrap Up,  Acara Asesmen Lapangan dilakukan oleh pimpinan UPPS terlebih dahulu dan dikirimakan ke panel asesor untuk ditandatangani dan dikirimkan ke Ban-PT.

Melalui kegiatan visitasi  secara daring ini, diharapkan nilai akreditasi Program Studi Pendidikan Biologi mendapatkan hasil yang terbaik.