Raker Program 2021, FMIPA Undiksha Prioritaskan Klasterisasi

Singaraja– Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Undiksha menggelar Rapat Kerja (Raker) untuk program tahun anggaran 2021, Rabu (22/1/2020). Rapat yang berlangsung di Hotel Puri Saron ini menjadikan klasterisasi perguruan tinggi sebagai program prioritas. “Ini juga masuk pada kontrak kerja rektor dengan kementerian,” ungkap Dekan FMIPA, Prof. Dr. I Nengah Suparta, M.Si saat dikonfirmasi di sela-sela kegiatan.

Ada sejumlah hal yang tidak bisa dilepaskan dari klasterisasi atau perankingan perguruan tinggi, seperti akreditasi program studi, kualitas Sumber Daya Manusia, research dan program inovasi. “Hal-hal ini yang menjadi pendukung klasterisasi. Oleh karena itu, ini yang harus ditingkatkan kualitasnya. Bagaimana sumber daya kita bisa mumpuni, rasio dosen dengan mahasiswa sesuai, dan semakin banyak muncul inovasi,” katanya.

Lebih spesifik terkait program inovasi, menurut Suparta yang potensi untuk dikembangkan berupa inkubator bisnis. Sumber Daya Manusia di Fakultas juga dipandang sangat mendukung. Pihaknya telah mengusulkan program tersebut kepada kementerian terkait. “Kalau ini diterima, kita akan mengawali unit-unit bisnis yang dimotori oleh dosen dan mahasiswa yang beroritensi pada sciencetific bisnis,” sebutnya.Memuluskan program itu, perluasan kerjasama dan komunikasi dengan banyak pihak, termasuk luar negeri perlu dilakukan seluruh dosen. “Apalagi dengan program internationalization at home yang dicanangkan Pak Rektor, tentu perluasan komunikasi ini sangat penting,” sambungnya.

Raker ini dibuka Kepala Biro Umum dan Keuangan Undiksha, Ni Luh Wayan Yasmiati, S.H. Ia mengharapkan program yang digulirkan fakultas bisa sepenuhnya mendukung percepatan mewujudkan visi Undiksha menjadi universitas unggul berlandaskan falsafah Tri Hita Karana di Asia pada tahun 2045. “Pak Rektor sering menyampaikan bagaimana sudah bisa unggul tahun 2025. Tentu ini harus mendapat dukungan dari fakultas,” tegasnya. (hms)